Back
Apa Itu DNS Record

DNS (Domain Name System) Record adalah catatan basis data yang digunakan untuk menghubungkan Nama Domain ke alamat IP. Ini berfungsi sebagai instruksi bagi server DNS sehingga tahu website mana yang dimaksud saat Nama Domain dicari dan browser web mana tempatnya kembali.

Lanjutkan ke bagian-bagian berikut untuk mempelajari lebih lanjut:

Apa Itu DNS

Browser web berinteraksi melalui alamat-alamat IP — serangkaian karakter alfanumerik yang dipisahkan oleh titik, misalnya 12.345.67.89. Bahkan, websitemu memiliki alamat IP sendiri dan browser yang kamu gunakan sekarang memiliki IP juga, yang bisa kamu cek dengan mengeklik tautan di bawah ini:

Alamat IP sederhananya bertindak sebagai titik lokasi. Tanpa Nama Domain-mu, pengunjung situsmu harus mengetikkan alamat IP pada browser mereka untuk mengakses websitemu.

DNS mengenali Nama Domain dengan melihat alamat IP yang terhubung melalui DNS Record. Tanpa DNS, browser dan internet sama sekali tak tahu harus bagaimana dengan Nama Domain-mu.

Tipe-Tipe DNS Record

DNS Record memiliki sintaks berbeda yang memberi instruksi bagaimana server harus merespons sebuah permintaan. Record paling umum biasanya meliputi hal-hal berikut :

NS Record Mengidentifikasi server DNS yang mengatur DNS Record yang mendasarinya. Dengan kata lain, NS Record-mu memberitahu sistem di mana kamu bisa mengontrol DNS Record lainnya. Ini berarti:

  • NS Record harus diatur di mana Domain-mu didaftarkan (pencatat Domain-mu).
  • Seluruh Record lain bisa diperbarui di mana NS Record-mu mengarah.
  • Jika NS Record-mu tak bekerja dengan baik, seluruh Record lain takkan ditemukan oleh server.
A Record Menghubungkan Domain ke alamat IP.
AAAA Record Bekerja seperti A Record, tetapi menghubungkan Domain ke alamat IPv6, sebuah alamat unik yang mengidentifikasi masing-masing perangkat atau node yang terhubung ke internet.
CName Record Mengindikasikan Subdomain yang mungkin diasosiasikan dengan Domain-mu saat ini.
MX Record Menghubungkan ke mana email harus melewati rutenya saat dikirim ke alamat email Domain.
CAA Record Singkatan dari Certification Authority Authorization, mengacu kepada sertifikasi yang diizinkan menerbitkan sertifikat untuk Domainmu.

Cara Mengatur Name Servermu

Sebagian besar pencatat Domain menawarkan Name Server utama dan alternatif — yang berfungsi sebagai cadangan kalau-kalau salah satunya offline. Untuk paket berbayar Sitebeat, DNS Record tersimpan di bawah Name Server Record di bawah ini:

  • ns1.sitebeat.com
  • ns2.sitebeat.com

Bila kamu ingin menghubungkan Nama Domain eksternal ke website Sitebeat-mu, hubungi pencatat Domainmu saat ini dan berikan mereka NS Record Sitebeat di atas untuk memulainya.

Pengaturan yang paling nyaman adalah menjadikan Domain dan hosting di bawah satu penyedia layanan sehingga kamu bisa mengatur semuanya di bawah satu atap. Bila kamu memiliki paket berbayar Sitebeat, kamu bisa melihat Name Server menggunakan langkah-langkah berikut:

  1. Log In untuk mengakses dashboard Sitebeat.
  2. Klik tautan Pengaturan di kartu proyek atau website yang saat ini terhubung pada Nama Domainmu di bawah Situs Saya.
  3. Klik Nama Domain untuk melihat halaman manajemen.

NS Record-mu akan tampil di bawah bagian Name Server.

Bila kamu ingin menghubungkan Domain Sitebeatmu ke website lain yang tidak kami hosting, kamu bisa melanjutkannya dengan langkah-langkah berikut untuk mengubah NS Record-mu:

  1. Arahkan kursormu ke Name Server Record dan klik tautan Modifikasi yang muncul di kanannya.
  2. Ganti Name Server-mu yang sudah ada dengan NS Record hosting websitemu, lalu klik Update.

Domainmu kini terhubung dengan website eksternal.

Cara Mengatur DNS Record-mu

Bila kamu menggunakan NS Record Sitebeat, dengan mudah kamu bisa mengatur DNS Record, dengan langkah-langkah berikut:

  1. Log In untuk mengakses dashboard Sitebeat.
  2. Klik tautan Pengaturan di kartu proyek atau website yang saat ini terhubung pada Nama Domainmu di bawah Situs Saya.
  3. Klik Nama Domain untuk melihat halaman manajemen.
  4. Di bawah Pengaturan DNS, arahkan kursormu ke Name Server Record dan klik tautan Modifikasi yang muncul di kanannya.
  5. Ganti entri Record dan klik Update.

    Catatan: Kamu bisa mengeklik tautan Tambah Record di bawahnya untuk menambahkan lebih banyak entri pada Tipe Record yang sama, atau klik tautan Hapus di sebelah kanan untuk menghapusnya.

Kami tidak merekomendasi mengubah A Record yang terkait dengan "yourdomain.com" dan "www.yourdomain.com" sebab catatan ini bertanggung jawab mengarahkan Nama Domainmu ke website Sitebeat-mu.

Bila kamu ingin mengarahkan layanan yang sudah ada ke tempat lain, seperti email yang dihosting secara eksternal, kamu bisa menambahkan DNS Record lainnya dengan langkah-langkah berikut:

  1. Klik [...] Ikon Ellipsis pada bagian Pengaturan DNS, dan klik Tambah Record.
  2. Klik menu tarik-turun untuk memilih Tipe Record, lalu klik Tambah.
  3. Tambahkan entri Record dan tekan Update untuk menyimpan.

    Catatan: seluruh perubahan yang dibuat pada Name Servers-mu dan DNS Record lainnya bisa langsung diterapkan, tetapi butuh hingga 24 jam untuk tersebar ke penjuru internet. Tunggu hingga penyebarannya tuntas, atau hubungi kami untuk pertanyaan apa pun.

Selamat! Kamu baru saja belajar tentang DNS Record dan bagaimana kamu bisa mengaturnya. Klik di sini untuk belajar bagaimana memulai membuat website Sitebeat-mu.

Was this helpful?
100% of people found this helpful.
Similar articles
-