Back
Faktor Apa yang Mempengaruhi Pemeringkatan Mesin Pencari

Untuk mengarahkan lebih banyak trafik ke websitemu, kamu perlu tampil dan masuk peringkat Halaman Hasil Mesin Pencari atau Search Engine Results Pages (SERPs).

Dalam SEO — atau Search Engine Optimisation — pemeringkatan mengacu pada posisi konten onlinemu pada SERP saat orang-orang mengetikkan sesuatu di pertanyaan pencarian.

Idealnya muncul di urutan tiga teratas, sebab nyaris setengah jumlah klik pada SERP jatuh kepada posisi ini. Menjadi 10 teratas dalam hasil pencarian juga berguna, sebab 95% para pengguna tak mau repot beralih ke laman hasil pencarian selanjutnya.

Cara Kerja Pemeringkatan Pencarian Google

Walau ada banyak mesin pencari di luar sana, (Bing, Yahoo), Google merajai 90% dari seluruh pencarian di dunia ini. Itulah kenapa banyak pemilik website mengikuti Panduan Google dalam mengoptimasi website mereka.

Google memeringkat halaman web berdasarkan banyak faktor. Algoritma pemeringkatan ini membantu mesin pencari menentukan peringkat SEO sebuah laman.

Coba simak beberapa faktor pemeringkatan teratas Google pada 2019:

  1. Aksesibilitas dan Keamanan Website
  2. Kecepatan Halaman
  3. Seluler Dulu
  4. Backlinks
  5. Konten Berkualitas
  6. SEO Teknis
  7. Pengalaman Pengguna
  8. Kekuatan Domain

#1 Aksesibilitas dan Keamanan Website

Google memberi prioritas bagi website dengan URL yang tepat — yang bisa dijelajahi atau dicari dengan mudah oleh botnya. Ada beberapa cara berbeda untuk membantu bot Google menemukan dan memahami halamanmu:

  • Website yang dibuat oleh pembuat situs yang terkode dengan baik
  • Memiliki file robots.txt — yang akan membantu Google menelusuri konten situsmu
  • Memiliki peta situs atau sitemap yang menjabarkan seluruh halamanmu

Memiliki Sertifikat SSL juga merupakan “faktor pemeringkatan kelas ringan” yang akan menambah kredibilitas websitemu.

#2 Kecepatan Halaman

Website lamban tak berjalan baik di sebagian besar mesin pencari. Bahkan, Google bisa menghukum situs yang tidak loading dengan cepat, terlebih pada perangkat seluler.

Kamu bisa menggunakan perangkat pengujian seluler Google untuk mengecek masalah apa pun terkait kecepatan websitemu.

#3 Seluler Dulu

Website yang ramah-seluler bisa langsung meningkatkan pemeringkatan pencariannya. Dengan penerapan pengindeksan seluler-dulu dari Google, para desainer web didorong untuk membuat versi selulernya dahulu, baru versi desktop, untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Backlinks adalah salah satu faktor pemeringkat terkuat pada algoritma pencarian Google. Backlinks — juga dikenal sebagai inbound links — tautan pada website eksternal. Ini menjadi berharga, khususnya bagi SEO, sebab ini memberi sinyal bahwa website lain menjamin kualitas kontenmu.

#5 Konten Berkualitas

Google jauh lebih suka konten mendalam yang memberi nilai terbaik bagi si pencari. Tak ada aturan jelas tentang jumlah kata ideal untuk sebuah artikel – tetapi konten yang komprehensif biasanya memperoleh peringkat lebih tinggi di SERP.

Algoritma pencarian Google mengandalkan kata kunci — istilah yang orang gunakan untuk mencari informasi. Penerapan SEO ideal adalah menggunakan kata kunci di dalam kontenmu.

Pelajari lebih lanjut mengenai kata kunci atau keyword melalui panduan berguna berikut:

#6 SEO Teknis

Memiliki kode yang benar membantu mengoptimasi kontenmu lebih baik demi pemeringkatan pencarian lebih tinggi. Berikut beberapa cara melakukannya:

  • Gunakan kata kunci atau frasa kata kunci pada judul halaman — yakni baris pertama dalam hasil entri pencarian
  • Gunakan header tags (h1 untuk judul, h2 atau h3 untuk subheading)
  • Tambahkan alt tags pada gambar
  • Tambahkan meta description

#7 Pengalaman Pengguna

Google menggunakan kecerdasan buatan untuk memeringkat halaman web lebih baik lagi, yang didasarkan pada sinyal-sinyal berikut:

  • Rasio Klik-Tayang atau Click-Through Rate — persentase orang yang mengeklik tautan menuju websitemu pada hasil pencarian
  • Rasio Pantulan atau Bounce Rate — jumlah orang yang segera “balik badan” setelah tiba di situsmu
  • Waktu Tinggal atau Dwell Time — Rata-rata jumlah waktu yang dihabiskan orang untuk berada di situsmu begitu mereka tiba

Halaman web yang memiliki lebih banyak pengunjung yang benar-benar singgah akan berperingkat lebih tinggi pada hasil pencarian.

#8 Kekuatan Domain

Domain yang sama persis masih mempengaruhi pemeringkatan pencarian halaman web. Misalnya, orang yang mencari “mobil”, mungkin akan menemukan “mobil.com” pada puncak hasil pencarian.

Usia domain adalah faktor pemeringkat lainnya. Domain yang sudah lebih lama ada muncul lebih tinggi di SERP dibandingkan domain yang lebih baru.

Pemeringkatan Butuh Waktu

Berada di puncak hasil pencarian takkan terjadi dalam semalam. Namun, faktor-faktor ini akan membantu memandumu mencapai tujuan tersebut seiring waktu.

Selamat! Kamu baru saja mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi pemeringkatan mesin pencari. Mulailah membuat websitemu sendiri melalui Sitebeat dengan mengeklik di sini.

Was this helpful?
100% of people found this helpful.
-