Back
Apa Itu Nama Domain

Nama Domain adalah alamat yang tersambung dengan websitemu. Pengunjung bisa mengakses situsmu saat mengetikkan Nama Domainmu di browser mereka.

Website dan komputer tersusun oleh alamat IP, yakni serangkaian nomor yang dipisahkan oleh titik, misalnya 12.345.67.89. Nama Domain merupakan alternatif ramah-pengguna bagi alamat-alamat IP ini. Tanpanya, pengguna harus mengetik serangkaian panjang nomor untuk mengakses situs tertentu.

Ini menjadikan Nama Domain persyaratan penting kalau ingin membuat websitemu sendiri.

Catatan: Nama Domain tidak sama dengan URL. Ia bagian dari URL. Misalnya, Nama Domain kami adalah "sitebeat.com", URL-nya "https://www.sitebeat.com/".

Beralihlah ke topik-topik berikut untuk mempelajari apa yang kamu butuhkan tentang Nama Domain:

Memecah Nama Domain

Nama Domain bisa dipecah menjadi dua bagian: Mid-Level Domain dan Top-Level Domain (TLD). Kadang, Nama Domain bisa memiliki Subdomain.

Mari mengulik Nama Domain: "support.sitebeat.com"

  • "sitebeat" – Mid-Level Domain
  • ".com" – Top-Level Domain (juga disebut ekstensi Nama Domain)
  • "support" – Subdomain

Ada dua (2) tipe ekstensi Nama Domain, gTLD dan ccTLD.

Contoh TLD Generik (gTLD) adalah .com dan TLD populer lain seperti .net, .org, .gov, dan .edu. Ada juga gTLD lain yang spesifik untuk bidang atau bisnismu, yakni .doctors atau .design.

Country Code TLD (ccTLD) biasanya diperuntukkan bagi, negara bagian, atau teritori seperti .au untuk Australia, .sg untuk Singapura, .id untuk Indonesia, dan lainnya.

Pentingnya Nama Domain

Nama Domain-mu bertindak sebagai identitas onlinemu. Memiliki Nama Domain itu penting bila kamu ingin membangun kehadiran online yang kuat. Ini menguntungkan para profesional, bisnis, dan organisasi yang ingin menciptakan image online kredibel dan bisa dipercaya.

Mendaftarkan Nama Domain

Nama Domain itu unik. Gampangnya, tak ada dua Nama Domain yang sama di dunia ini. Ini juga hanya bisa dihubungkan dengan satu website tunggal semata.

Untuk mendapatkan Nama Domain unikmu, kamu perlu mendaftarkan satu nama dari pencatat yang diakreditasi oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) — badan pemerintah untuk seluruh Nama Domain.

Bersama Sitebeat, mendapatkan Nama Domain itu cepat dan mudah. Kalau kamu sudah mendaftar di Sitebeat Free, kamu hanya perlu mengupgrade paket agar mendapat Nama Domain-mu tanpa biaya. Simak langkah-langkah berikut:

  1. Log In untuk mengakses dashboard Sitebeat.
  2. Klik Dapatkan Akses Penuh pada bagian atas kanan dasbor.
  3. Klik periode paket Sitebeat yang diinginkan.
  4. Klik tombol Pilih yang sesuai dengan paket yang kamu inginkan.

    Catatan: Bila kamu mendaftar untuk Coba Gratis 15 hari eCommerce Sitebeat melalui akun Akun Gratis Sitebeat-mu dan kamu ingin terus menggunakan Toko, pastikan kamu mengupgrade ke paket Sitebeat eCommerce atau SitebeatPRO eCommerce.

  5. Klik Klaim Domain Gratis untuk mendaftarkan Nama Domain baru tanpa biaya.

    Important: Bila kamu memilih Klaim Domain Gratis, kamu masih bisa mengoneksikan Sitebeat ke domain lainnya nanti, dengan menghubungi kami. Bila kamu memilih Gunakan Domain yang Ada, kamu takkan lagi bisa mengeklaim domain gratis yang sudah termasuk di paket Sitebeat-mu begitu pembayaran selesai.

  6. Masukkan Nama Domain baru yang ingin kamu daftarkan tanpa biaya dan klik Pilih.
  7. Periksa Keranjangmu. Klik Ikon Panah [v] di samping 1 tahun, atau jangka waktu yang sebelumnya telah kamu pilih, bila kamu harus menggantikannya.
  8. Klik tombol Bayar dengan Aman untuk membayarnya dan aktifkan upgrade paket Sitebeat-mu.

Selamat! Kamu baru saja belajar tentang Nama Domain. Pelajari seluruhnya tentang Sistem Nama Domain dan bagaimana browser web berkomunikasi dengan mengeklik di sini. Atau, belajarlah bagaimana kamu bisa memulai website Sitebeat barumu di sini.

Was this helpful?
89% of people found this helpful.
-