Back
Apa Itu Meta Title & Description Halaman

Meta Title Halaman, atau “tag judul”, dan Meta Description merupakan elemen meta tags atau HTML (HyperText Markup Language) yang menyediakan informasi singkat kepada mesin pencari dan pengguna tentang seluruh halaman website tersebut. Ini merupakan hal pertama yang dilihat orang saat websitemu muncul di SERP (Search Engine Results Pages atau Halaman Hasil Mesin Pencari).

Apa perbedaan antara Meta Title dan Meta Description?

Saat muncul di SERP, Meta Title dan Meta Description bisa dilihat berturut-turut di atas dan di bawah tautan website.

Meta Title juga muncul di tab browser web saat sebuah halaman websitemu dilihat. Pada dasarnya ini “judul” halaman web dan sebagian besar dibatasi antara 50 hingga 70 karakter.

Meta Description menjabarkan keseluruhan konten sebuah halaman web. Di mesin pencari, deskripsi ini dibatasi sebanyak hingga 160 karakter untuk SERP Google.

Bagaimana Meta Title dan Description bisa membantu SEO?

SEO singkatan dari Search Engine Optimisation. Ini merupakan proses mengoptimasi websitemu untuk mendapat trafik gratis atau kunjungan melalui SERP. Ini membantu mendongkrak kesadaran brand dan meningkatkan potensi penjualan. Brandmu perlu berada di peringkat tinggi dan muncul di halaman pertama agar langsung terlihat oleh audiens sasaranmu.

Ada banyak strategi SEO untuk meningkatkan peringkatmu; menambahkan Page Meta Title dan Description adalah salah satunya.

Meta Title dioptimasi dengan meletakkan kata kunci relevan untuk membantu meningkatkan pemeringkatan mesin pencari. Ini memberi tanda pada mesin pencari kata kunci apa yang diinginkan masuk ke peringkat.

Meta Description tidak secara langsung mempengaruhi pemeringkatan mesin pencari. Namun, ini digunakan untuk menjaring rasio klik-tayang atau click-through rates yang utamanya membantu mendongkrak peringkat.

Tip: Buatlah Meta Title dan Description yang singkat dan menggugah minat agar pengguna mengekliknya.

Berikut 5 praktik terbaik dalam mengoptimasi Meta Title dan Description untuk SEO:

  1. Kata Kunci Dahulu — Sisipkan kata kunci terpenting pada bagian pertama Meta Title dan kata kunci yang tak terlalu penting di bagian akhir.

    Pelajari tentang riset kata kunci lebih lanjut di sini.
  2. Hindari Menjejalkan Kata Kunci — Menjejalkan kata kunci adalah memasukkan banyak kata kunci di Meta Title dan Description. Begitu terdeteksi oleh mesin pencari, peringkat situsmu bisa terjun bebas.
  3. Tetaplah RelevanMeta Title dan Description haruslah deskriptif dan relevan tentang apa halaman web ini seutuhnya. Bila tak menjawab pertanyaan pengguna dengan tepat, mesin pencari akan mengambil snippet dalam halaman situs, lalu menggunakannya, serta mengesampingkan konten aslinya.
  4. Tanpa Tanda Kutip — Jangan menggunakan tanda kutip di Meta Description sebab mesin pencari memangkas konten begitu muncul tanda kutip.
  5. Jagalah agar Tetap Unik — Jagalah Meta Title dan Description tetap unik untuk setiap halaman di websitemu sebab duplikasi tak tampak bagus di SERP, sehingga memberi pengaruh buruk rasio klik-tayangmu.

Optimasi website Sitebeat -mu untuk SEO dengan menambahkan Page Meta Title dan Description. Pelajarilah lebih lanjut dengan mengeklik di sini.

Was this helpful?
100% of people found this helpful.
-