Back
Cara Mendongkrak SEO untuk Websitemu

SEO atau Search Engine Optimisation penting bila kamu ingin membuat websitemu tampil di Halaman Hasil Mesin Pencari atau Search Engine Results Pages (SERP). Peringkatmu pada mesin pencari ini haruslah tinggi agar pengguna mengeklik website atau halamanmu.

Bila kamu masih baru memulainya, awali dengan mengeklik tautan di bawah untuk memahami SEO, bagaimana kerjanya, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya:

Begitu sudah memahaminya, bacalah panduan ini untuk mempelajari lebih lanjut bagaimana kamu bisa mendongkrak SEO untuk websitemu:

Menggunakan Google Analytics

Google Analytics merupakan perangkat gratis Google yang mengumpulkan dan menganalisis data tentang trafik web dan interaksi penggunamu. Banyak spesialis SEO dan marketing menggunakan alat ini untuk mengukur trafik website mereka dan menganalisis keefektifan strategi marketing mereka.

Berikut tiga (3) tips yang akan membantumu mengembangkan SEO melalui Google Analytics:

  1. Maksimalkan konten terbaikmu.
    Google Analytics akan menunjukkan kepadamu halaman berperingkat tertinggi di websitemu. Kamu bisa memanfaatkan halaman-halaman ini dengan dua cara:

    • Menambahkan CTA atau call-to-action pada halaman berperingkat tinggi agar orang-orang melakukan konversi.
    • Menambahkan tautan internal pada halaman berperingkat tinggi untuk mendongkrak peringkat kontenmu yang lain.
  2. Mengurangi rasio pantulan
    Rasio Pantulan atau Bounce Rate merupakan persentase pengunjung yang meninggalkan website atau halamanmu tanpa berinteraksi lebih lanjut. Banyak faktor mempengaruhi Rasio Pantulanmu dan kamu bisa menganalisis faktor-faktor ini melalui Google Analytics.

    Mulailah dengan memperbaiki halaman berperingkat tinggi dengan trafik web terbaik. Lalu, tandai mana yang gagal menjadi konversi. Setelah melakukannya, kamu akan tahu halaman mana yang perlu diperbaiki dan kamu bisa mulai mengoptimasinya untuk mendongkrak SEO websitemu.
  3. Meningkatkan konversi selulermu.
    Google kini memprioritaskan website ramah-seluler saat menampilkannya di SERP. Dengan Google Analytics, kamu bisa mengecek kinerja websitemu di perangkat seluler dan mengoptimasi seluruh konten websitemu untuk perangkat seluler agar meningkatkan keterlihatan di mesin pencari.

Catatan: Kamu bisa menghubungkan website Sitebeat-mu dengan Google Analytics. Simak panduan berikut:

Menggunakan Google Tag Manager

Google Tag Manager adalah perangkat lain yang akan membantumu mendongkrak usaha SEO-mu. Perangkat gratis ini memungkinkanmu mengatur dan menyebarkan marketing tags di website atau aplikasimu, semua dalam satu tempat.

Tak seperti Google Analytics, Google Tag Manager memungkinkanmu melacak hal apa pun — seperti klik tombol, klik tautan, waktu menonton video, atau pengumpulan formulir.

Dengan fitur-fitur tersebut, menggunakan Google Tag Manager memungkinkanmu meningkatkan SEO melalui tips-tips berikut:

  1. Mengembangkan optimasi tingkat konversimu.
    Google Tag menunjukkan kepadamu seluruh halaman yang dikunjungi pengunjung setelah mengeklik tombol tertentu di websitemu. Kamu bisa mengoptimasi tingkat konversimu dengan meningkatkan konten pada halaman tertentu tersebut.

    Kamu juga bisa menggunakan teknik ini untuk mengecek apakah pengunjung mengeklik CTA-mu atau tidak. Lalu, kamu bisa membuat beberapa perubahan dan mengujinya sesuai kebutuhan.
  2. Menyuntikkan data terstruktur.
    Memiliki data terstruktur bisa mendongkrak SEO-mu sebab ini membantu mesin pencari lebih memahami tentang apa halamanmu itu.

    Kamu bisa menyuntikkan kode singkat data terstruktur ke header websitemu melalui sistem manajemen konten atau content management system (CMS), tetapi ini bisa merepotkan saat kamu memiliki CMS bermasalah.

    Menggunakan Google Tag Manager dalam menambahkan data terstruktur ke situsmu membuat pekerjaan ini jauh lebih mudah.
  3. Meningkatkan kecepatan situs.
    Kecepatan halaman merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pemeringkatan mesin pencarimu. Menyuntikkan tag dan snippet yang disesuaikan di websitemu bisa menurunkan kecepatan loading-nya.

    Kamu bisa menggunakan Google Tag Manager untuk melacak data dan menerapkan kode-kode tersebut secara efisien — tanpa mempengaruhi kecepatan lamanmu.

Catatan: Kamu bisa menghubungkan website Sitebeat-mu ke Google Tag Manager. Simak panduan berikut:

Memverifikasi Situsmu

Verifikasi Situs Google merupakan proses untuk membuktikan kepemilikan website yang kamu akui sebagai milikmu. Memiliki website terverifikasi memberimu akses ke data Penelusuran Google. Ini juga meningkatkan keterlihatanmu pada Google Search.

Begitu kode Verifikasi Situs Google berada di genggaman, kamu bisa menautkan website Sitebeat-mu untuk diverifikasi Google. Simak panduan berikut:

Selamat! Kamu baru saja belajar bagaimana mendongkrak SEO untuk websitemu menggunakan beberapa perangkat marketing Sitebeat. Pelajari bagaimana meningkatkan keterlihatan brandmu dengan mengintegrasikan Fitur-Fitur Media Sosial ke websitemu dengan mengeklik di sini.

Was this helpful?
100% of people found this helpful.
-